Thursday 24 October 2013

Menyeberang Bali Lewat Selat Bali



Bali (Island of The God) adalah salah satu tempat yang serasa tak ada habisnya untuk dikunjungi. Dari pemandangan pantai yang indah, bengunan pura yang unik dan sakral, hingga alam pegunungannya yang mempesona membuat siapapun akan kangen untuk berkunjung ke sana. Untuk itulah, begitu tahun ini permintaan cuti tahunan saya ditandatangani si bos, saya tidak berpikir panjang untuk langsung berencana ke sana. Memori 2008 di Kintamani, Sanur, Tanah Lot, Nusa Dua dan Kuta, membuat saya ingin kembali lagi ke sana. Jika di kesempatan-kesempatan biasa saya selalu menyisipkan wisata dalam kesempatan dinas kerja, kali ini wisata merupakan tujuan utama ga pake dinas dinasan :).


Menuju Bali dengan pesawat adalah solusi paling menyenangkan, tidak capek, dan tentunya cepat. Namun, jika anda ingin menikmati pengalaman yang agak lain, dan tentunya akan sedikit lebih menantang (dan juga agak capek), anda bisa menyeberang melalui Selat Bali. Penyeberangan dapat ditempuh melalui Pelabuhan Ketapang di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur.

Biaya per orang dikenakan Rp.6.500,- (per Oktober 2013). Saran saya, jika anda berniat memulai berwisata esok harinya, sebaiknya anda berangkat pada sore hari, karena anda akan punya waktu yang cukup untuk istirahat dan tidak membuang banyak waktu. Oya, jangan lupa membawa KTP ya, karena akan diperiksa. Perjalanan menyeberangi Selat Bali ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dan akan tiba di Pelabuhan Gili Manuk, Bali. Oya, jangan lupa siapkan uang receh, kadang ada petugas yang suka bete menerima duit 100rb.

Sesampainya di Pelabuhan Gili Manuk, anda bisa langsung menuju tempat wisata atau ke penginapan terlebih dahulu. Ada baiknya untuk hal ini, anda mencari bus sebelum menuju Pelabuhan Ketapang, alternatif lainnya anda bisa mencari bus saat di Pelabuhan Ketapang (kadang ada yang memakai jasa calo), atau mencari supir bus saat di atas Kapal. Hal ini untuk memudahkan anda menuju tempat tujuan sesampainya di Pelabuhan Gili Manuk. Saya kurang menyarankan anda mencari transportasi sesampainya di Pelabuhan Gili Manuk, karena cukup sulit mencari transport di sana.

Saran yang paling aman adalah dijemput kenalan / keluarga di Bali :) atau melalui jasa travel dan guidance saat anda tiba di Pelabuhan Gili Manuk. 

Kebetulan, saya pernah menggunakan bus dari Gilimanuk ke Terminal Ubung, karena driver travel yang saya booking menunggu di sana. Perjalanan dari Pelabuhan Gili Manuk menuju Terminal Ubung memakan waktu kurang lebih 3 – 4 jam jika anda melewati jalur selatan atau lewat Negara. Jika anda melewati jalur utara atau Singaraja, perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu jauh lebih lama kurang lebih 7 jam (di Terminal Ubung) dengan medan berkelok-kelok karena melewati dataran tinggi. Yang pasti bagi anda yang mudah mabok, sangat tidak direkomendasikan, kecuali anda ingin mampir ke Pantai Lovina yang terkenal dengan Lumba-lumbanya yang hidup secara alami.


 












 

2 comments:

Note: only a member of this blog may post a comment.