Wednesday 25 February 2015

Komik Super Fighter a.k.a Super Hero in The Century








Ni adalah salah satu komik lawas yang aku demeeeen banget. Dulu ya, waktu aku masih SD, kakak sepupuku yang lagi sekolah di luar kota membeli komik lawas ini. Dia cuma beli 3 buah dan udah di nomer tengah-tengah, padahal aslinya komik ini ada 19 seri (untuk terbitan GM Top) dan sekitar 24 untuk terbutan Garuda Mas yang full color. Pas, aku baca komik milik kakak sepupuku itu, aku langsung disuguhkan super hero bernama U' Chi (si super)  (nama di versi GM Top) / Akabu (nama di versi Garuda Mas) dan Elang Merah (ze chiu) (Versi GM Top) / Shirobu (nama di versi Garuda Mas). Aku langsung sukaaa banget. Menurut aku yang waktu itu masih "imut2" (hahaha) harusnya super hero itu gagah dan tegap (juga ganteng) seperti mereka. Menurutku mereka sangat keren. Selain itu ceritanya pun keren dan seru banget. Dan bener2 komik yang cowok banget. Setelah itu, sepupuku tidak pernah membeli lagi komik tsb, dan sialnya, daerahku yang di pedalaman tidak mendukung untuk keluar kota apalagi fasilitas persewaan / toko komik spt itu.

Bertahun-tahun kemudian, tidak sengaja, aku melihat sebuah gambar ksatria, berambut merah, agak panjang dan gagah banget. Wah, aku langsung teringat "itu si Uchi!!!" begitu teriakku dalam hati. Aku pun langsung kangen berat ingin bernostalgia untuk  membaca komik tersebut. Aku mulai searching di google, namun ampun2 susahnya. Anehnya, meskipun penggemarnya banyak dan termasuk komik populer di era awal 90-an, kenapa komik lawas ini susaaaaaah banget dicari. Aku menemukan gambar yang kupasang di atas ini pun dari kaskus, dan hampir tidak ada yang membahas komik legendaris yang keren itu.

Karena rasa penasaran (dan juga kangen) yang amat sangat, aku akhirnya memancing adikku untuk mencarinya, karena saat itu aku sedang sibuk2nya urusan dinas. Dan, adikku akhirnya mendapatkannya, tapi terbitan Garuda Mas yang full color sebanyak 8 seri. Aku pun langsung membacanya dan terharu, hiks. Kulihat gambar2 "sang penyelamat / juru selamat", akabu, shirobu, east warior / dewa perang, north caesar, wahhh kangen bangetttt. Mana gambarnya keren, jurusnya keren2, ceritanya juga keren. Gambar orangnya nyata dan bukan style manga jepang, dan lakon2nya jadi cakep2 gt, terutama Akabu dan Shirobu hehehehe.

Beranjak membaca komik nomor 1 -8, diceritakan bahwa sang penyelamat /juru selamat, memiliki putera kembar, Akabu dan Shirobu yang dicurigai memiliki energi iblis yang sangat besar dalam diri mereka. Juru selamat ini keren banget orangnya dan menikah dengan Sherly, seorang pendekar wanita yang sangat cantik tapi memiliki sifat iblis. Akhirnya, karena kedua anak itu dicurigai mengandung energi iblis, east warrior / dewa perang (ini juga keren banget) memburu Sherly dan kedua anaknya dan berniat untuk dibunuh awalnya. Namun ternyata, ada yang menyelamatkan mereka. Si Akabu dirawat oleh North Caesar (ini juga pendekar gagah banget) dan si Shirobu dirawat ibunya yang mengaku sebagai bibinya dan dalam keadaan dirantai. Dua kakak adik ini terpisah dan saat usia 7 tahun keduanya bertemu di turnamen sedunia untuk saling menghancurkan. Pas turnamen tersebut, muncullah Royco / Raja Baja dari planet Lewill /Reviera yang memporak-porandakan para ksatria di bumi. Si Akabu yang sangat menyayangi ayah angkatnya, North Caesar, tanpa sengaja melukai North Caesar dan membuatnya lumpuh. Oleh karena itu, Akabu merasa sangat bersalah. Dia jadi ga mau latihan lagi, dan dalam waktu 10 tahun, dia sudah jadi gelandangan, tanpa tenaga dan tanpa ilmu. Satu hal yang pasti, Akabu tumbuh menjadi pemuda yang sangat gagah dan tampan, namun demotivasi.

Nah dari situ, saya penasaran banget sama lanjutannya. Akhirnya dengan susah payah dan penuh perjuangan, saya mendapatan satu set lengkap dan membaca kelanjutan ceritanya. Shirobu akan menjadi pendekar yang sangat hebat, dan Akabu pada akhirnya juga akan menyusul adiknya. Si shirobu ini kocak banget dan keren juga. Cuman sayang, Shirobu ini ga punya pacar. Kalau Akabu sih meskipun tidak dinyatakan, namun Akabu punya wanita cantik yang dekat dan menyayanginya.

Saya membaca komik ini dengan perasaan penasaran dan menggebu-gebu. Bayangan saya, nantinya akan happy ending. Namun, 1 komik terakhir menghancurkan harapan saya. Juru selamat, Sherly mati. North caesar menjadi Tinza (musuh utamanya) dan baru diketahui saat Akabu menyerangnya (yang mengingatkan Akabu akan kejadian saat dia membuat North Caesar lumpuh). Yang membuat hati saya pedih adalah, Shirobu kok mati sih??? Dan matinya gara2 mengalah pada musuh utamanya!! Akhhh!!!! Sumpah saya jadi patah hati. Namun rupanya, pengarangnya tidak puas menyiksa saya. Di episode terakhir disuguhkan, bahwa Puteri / Permaisuri, kekasih Akabu membenci Akabu dan ingin membunuhnya. Sedih banget. Rambut indah permaisuri dipotong pendek karena perasaan benci dan sedih. Akabu menjadi lebih keren dengan rambut yang semakin panjang. Sepanjang cerita, Akabu selalu diceritakan menjadi orang yang dibenci karena kesalahpahaman. Saya benci banget dengan Tinza. Dan hal yang paling menyesakkan dada adalah, si Akabu menjadi Tinza!!! Agghhh!!! Benci banget rasanya! Akabu menjadi orang yang paling dibencinya. Dia terpaksa menerima takdir itu karena jika dia kembali ke wujud aslinya maka dia akan terus dibenci oleh semua orang termasuk permaisuri, juga dia harus tetap menjadi wujud Tinza agar bisa mengasuh cucu dari North Caesar (Anak dari Aji /Anak Besi - anaknya North Caesar dengan Jabrik Sakti - anaknya Tinza).

Kasihan banget, semua mati, yang tersisa tinggal Akabu dalam wujud Tinza / Reykshak.

Makanya, ada perasaan menyesal setelah membaca seri terakhir komik ini, mungkin karena aku cewek kali ya, perasaan yang lebih dominan. Tapi overall, ceritanya bagus, dan jurusnya keren. Yang jelas teman2 cowok sangat menyukai komik lawas ini.

4 comments:

  1. Wah jadi teringat nih komik kesukaan ane dulu. Masih ingat pinjam komik punya kakak sepupu. Gambarnya bagus, nama2 jurusnya juga bagus. Tokoh Favorit y elang merah. Kasihan dia dpat tenaga dlama dri drakula, tersiksa sekali dia. namun akhirnya dia dpat menguasainya setelah pergi ke masa lalu dan ditolong sma guru juru slamat. Pengen bca lagi namun stelah melihat review sis. jadi sedih ane ending ceritanya bgitu

    ReplyDelete
  2. Iya emang sedari awal bikin orang kecanduan baca terus, eh ga taunya endingnya nyesek, tapi worthed buat diikutin sampai akhir ^_^

    ReplyDelete
  3. Numpang tanya, kalau dapetin satu set komik ini dimana ya? Mksh

    ReplyDelete
  4. Sori baru balas, jujur sebenarnya nyari komik ini agak2 susah, pengalaman saya, saya pernah nyari2 sampe kaskus dan segala macam, dapetnya bolong2, sampe akhirnya saya cari2 lagi di google, ada seller online tapi maap ya saya lupa namanya, dia kebetulan banget jual 1 set, tapi ya gitu, gak color dan bukunya udah tua. Selamat berjuang

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.