Saturday 5 April 2014

PEMANFAATAN TANAMAN GAMAL (Gliricidia sepium) DAN MIMBA (Azadirachta indica) BERBASIS RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) SEBAGAI SOLUSI MASALAH SANITASI LINGKUNGAN DAN MANAJEMEN BENCANA


Oleh :
DINA TRISIANA ISKANDAR, MUHAMMAD ARIFUDIN, IKA YULIASTUTI 
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
SURABAYA
2006
  
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
 Masalah sanitasi memicu berbagai dampak negatif terutama berkenaan dengan masalah kesehatan. Tingkat kesehatan masyarakat yang rendah memberikan efek berantai berupa penurunan tingkat ekonomi hingga penurunan jumlah dan potensi sumber daya manusia. Akumulasi pencemar yang terkumpul dalam lingkungan semakin meningkat dan ibaratnya seperti bom waktu yang semakin mengancam kelangsungan hidup manusia, sehingga perlu diadakan tindakan pemulihan. Berbagai solusi untuk memulihkan kualitas lingkungan telah banyak dibahas, di antaranya adalah menggunakan pendekatan yang memanfaatkan peran tumbuhan. Pemanfaatan tumbuhan sebagai pemulih kualitas lingkungan merupakan solusi yang memberikan banyak keuntungan dan ekonomis. Hal ini menyebabkan pemanfaatan tumbuhan sebagai pemulih kualitas lingkungan semakin populer dan digemari.
 Tumbuhan memiliki kemampuan yang disebut phytopumping, yaitu kemampuan menyerap air melalui akar dan air yang diserap akan mengalami transpirasi melalui daun yang dibantu oleh sinar matahari. Kemampuan phytopumping yang dimiliki oleh tumbuhan dapat membantu perbaikan sanitasi (Mangkoedihardjo, 2007). Hal ini dikarenakan zat-zat pencemar yang terjangkau oleh akar dapat terserap oleh akar tumbuhan. Tumbuhan darat, terutama tumbuhan yang memiliki jangkauan akar yang panjang dan luas sangat efektif digunakan sebagai pereduksi zat pencemar. Zat pencemar tersebut bukan hanya zat pencemar yang masuk melalui akar, namun berlaku juga untuk zat pencemar yang ada di udara.
 Pemanfaatan tumbuhan sebagai penjaga kualitas lingkungan memunculkan konsep tentang Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang saat ini sudah marak dilaksanakan di perkotaan sebagai solusi masalah lingkungan. Keberadaan RTH penting dalam mengendalikan dan memelihara integritas dan kualitas lingkungan. Kelestarian RTH suatu wilayah perkotaan harus disertai dengan ketersediaan dan seleksi dengan tanaman yang sesuai dengan arah dan rancangannya (Lab. Perencanaan Lanskap Departemen Arsitektur Lanskap, 2005).
S eleksi tanaman sebagai pendukung konsep RTH harus dilakukan dengan banyak petimbangan. Seleksi jenis tanaman dilakukan berdasarkan keuntungan dan kerugian yang didapatkan jika tumbuhan digunakan untuk RTH.
 Gamal (Gliricidia sepium) dan Mimba (Azadirachta indica) merupakan jenis tanaman darat yang kuat, tahan hama, serta memberikan nilai ekonomis. Kedua jenis tumbuhan ini sangat cocok diterapkan untuk RTH. Gamal memiliki kemampuan sebagai penahan tanah dan mampu mereklamasi tanah, sedangkan mimba memiliki kemampuan untuk menahan angin (Agus, F dan Rahayu, S, 2004 dan Anonim, 2006). Kemampuan kedua jenis tumbuhan memungkinkan untuk mereduksi dampak kerusakan dan kerugian yang terjadi akibat bencana alam yang sering terjadi di Indonesia seperti tanah longsor, banjir, angin topan, bahkan tsunami. Pemanfaatan tanaman Gamal dan Mimba untuk penerapan RTH di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia merupakan solusi yang sangat menguntungkan dan menarik untuk dibahas.
 1.2  Perumusan Masalah
 Karya tulis ini akan membahas tentang penerapan RTH dengan memanfaatkan tanaman Gamal dan Mimba sebagai jenis tanaman yang memberikan banyak keuntungan. Beberapa pertanyaan yang melandasi pembahasan dalam karya tulis ini antara lain:
  1. Mengapa konsep RTH perlu diterapkan dalam menjaga sanitasi yang baik dan sebagai pelindung dari bencana alam?
  2. Dasar apakah yang menjadi pertimbangan pemilihan Gamal dan Mimba sebagai jenis tanaman yang sangat menguntungkan untuk diterapkan dalam RTH?
  3. Bagaimana mekanisme RTH dengan menggunakan Gamal dan Mimba untuk melindungi lingkungan dari bahan-bahan pencemar dan serangan bencana alam?
  4. Bagaimana penerapan RTH untuk mewujudkan perlindungan yang optimal dari bahan-bahan pencemar dan bencana alam?
 1.3  Tujuan Penulisan
 Tujuan dari penulisan karya tulis ini antara lain:
  1. Memberikan informasi mengenai dampak negatif yang akan terjadi akibat buruknya sanitasi jika tidak segera dilakukan tindakan pemulihan lingkungan.
  2. Memberikan informasi mengenai bencana yang sering melanda Indonesia serta kerugian yang ditimbulkan.
  3. Memberikan usulan mengenai solusi untuk mengatasi masalah sanitasi serta antisipasi kerusakan dan kerugian akibat bencana alam melalui pendekatan yang berbasis ekologi dan ramah lingkungan, berupa RTH yang dapat diterapkan.
  4. Memberikan informasi mengenai tanaman Gamal dan Mimba sebagai tanaman yang sangat baik digunakan untuk penerapan RTH di daerah tropis seperti Indonesia.
1.4  Manfaat Penulisan
 Manfaat yang dapat diambil dari karya tulis ini adalah:
  1. Solusi dalam karya tulis ini dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat serta perekonomian.
  2. Bahasan dalam karya tulis ini dapat memberikan informasi mengenai salah satu kekayaan alam Indonesia berupa tanaman Gamal dan Mimba yang mempunyai banyak manfaat dalam meningkatkan kualitas lingkungan dan manusia, sehingga dapat mendorong publikasi kedua jenis tanaman yang sangat bermanfaat tersebut.
  3. Karya tulis ini dapat memberikan konsep mengenai gambaran pengaturan RTH yang berbasis reduksi bahan pencemar dan perlindungan dari bahaya bencana alam khususnya yang berhubungan dengan penggunaan tanaman Gamal dan Mimba.
 1.5  Ruang Lingkup Pembahasan
 Karya tulis ini akan membahas solusi permasalahan sanitasi dan kerusakan serta kerugian yang diakibatkan oleh bencana alam melalui konsep RTH dengan memanfaatkan tanaman Gamal dan Mimba. Tanaman Gamal dan Mimba dipilih untuk dimanfaatkan dalam RTH dengan tujuan menjaga kualitas sanitasi berdasarkan kualifikasi karakteristik yang dimiliki keduanya. Solusi yang dipaparkan dalam karya tulis ini mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas kesehatan dan perekonomian masyarakat.

BAB II
TELAAH PUSTAKA

2.1      Masalah Sanitasi di Indonesia
2.1.1        Kondisi Sanitasi di Indonesia
 Sanitasi yang dalam kamus Bahasa Indonesia disebutkan sebagai usaha untuk membina dan menciptakan suatu keadaan yang baik di bidang kesehatan masyarakat (Antara News, 14 Desember 2006). Terdapat hubungan yang erat antara masalah sanitasi dan penyediaan air. Hampir tiap orang mengetahui masalah air, tapi tidak banyak yang mengetahui bahwa ada masalah sanitasi yang sama seriusnya dengan masalah air yang telah mendapat publikasi lebih baik. Semua penyakit yang berhubungan dengan air sebenarnya berkaitan dengan pengumpulan dan pembuangan limbah manusia yang tidak benar. Memperbaiki kualitas air tanpa memperhatikan masalah sanitasi sangatlah tidak efektif (Middleton dalam Seri Makalah Hijau).
 Indonesia merupakan negara yang memiliki sistem sanitasi terburuk ketiga di Asia Tenggara setelah Laos dan Myanmar. Meski dampaknya sangat terasa, sampai sekarang buruknya sanitasi di negeri ini belum mendapat perhatian bersama. Bahkan, pemerintah pun belum memberikan perhatian sebagaimana mestinya (Antara News, 2006). Buruknya sanitasi bukan hanya terkait masalah kesehatan, tetapi juga citra sebuah kota, bahkan negeri. Selain dianggap sebagai negeri yang kotor, buruknya sanitasi juga menimbulkan kesan tidak memiliki hidup yang sehat. Artinya, masalah sanitasi tidak akan selesai bila tidak ada kemauan politik yang kuat untuk melaksanakan pembangunan yang prorakyat miskin, prokesehatan, dan prolingkungan (Rosita, 2007).
 Pelayanan sanitasi di Indonesia masih menunjukkan tingkat kesenjangan yang tinggi, hal ini dapat dilihat pada diagram Gambar 2.1. (diadaptasi dari The World Bank, 2006).


Gambar 2.1 Kesenjangan Pelayanan Sanitasi di Indonesia
Sumber: Analisa Data Sumber Demografi dan Kesehatan 2002/2003 dalam The World Bank, 2006
Cakupan layanan sanitasi di Indonesia merupakan yang terburuk di kawasan masyarakat miskin dengan kurang dari satu persen dari seluruh penduduk Indonesia yang mempunyai akses ke sistem pipa pembuangan kotoran. Data survei menunjukkan bahwa 80 persen dari masyarakat miskin pedesaan dan 59 persen dari masyarakat miskin perkotaan tidak mempunyai akses terhadap sanitasi yang memadai (The World Bank, 2006).
 Sekitar 65 persen rumah di perkotaan Indonesia memiliki septic tank. Hal ini menunjukkan bahwa septic tank masih jadi pilihan favorit untuk menangani masalah sanitasi rumah tangga di Indonesia. Ini bisa menjadi persoalan besar karena hingga saat ini hampir tidak ada ketentuan yang mengatur septic tank. Memang ada Standar Nasional Indonesia untuk konstruksi septic tank, tetapi aturan lainnya belum ada, termasuk soal batasan jumlah septic tank per satuan luas kawasan dan kewajiban bagi pemilik rumah untuk secara rutin melakukan penyedotan. Selain itu, tak ada pula pihak yang merasa berkepentingan memeriksa kondisi septic tank di wilayahnya. Padahal secara kolektif adanya septic tank akan mempengaruhi kualitas air tanah dan pada akhirnya akan berdampak pada kesehatan jutaan orang (Rosita, 2007).
Masalah pencemaran udara juga termasuk dalam masalah sanitasi. Sebagian besar pencemaran udara terjadi di perkotaan. Menurut Arisandi dalam Terranet (24 Januari 2002), penyebab utama dari permasalahan pencemaran udara adalah produk buangan gas yang dihasilkan alat transportasi dan industri.
 2.1.2        Masalah Ekonomi yang Berhubungan Dengan Masalah Sanitasi
 Sanitasi yang buruk di negara Indonesia memberikan dampak kerugian ekonomi sedikitnya Rp.40 triliun, belum lagi dampak kesehatan di mana masyarakat miskin harus mengeluarkan sedikitnya 25 persen penghasilannya hanya untuk membayar dampak dari sanitasi yang buruk. Misalnya saja masyarakat harus membayar pengobatan akibat serangan berbagai penyakit akibat sanitasi buruk, membayar keperluan air bersih, membayar keperluan mandi cuci dan kakus (MCK) dan sebagainya (Tri Utomo dalam Antara News, 14 Desember 2006).
 Biaya pengumpulan, pengolahan dan pembuangan limbah meningkat dengan cepat begitu konsumsi meningkat. Merencanakan hanya satu sisi penyediaan air tanpa memperhitungkan biaya sanitasi akan menyebabkan kota berhadapan dengan masalah lingkungan dan biaya tinggi yang tak terantisipasi (Middleton dalam Seri Makalah Hijau).
 2.2      Masalah Bencana Alam
2.2.1        Bencana di Indonesia Serta Kerugian yang Ditimbulkan
 Dalam sebuah artikel WALHI (26 Juni 2007) yang ditulis oleh Halid Muhammad tertulis:
 Bencana adalah suatu situasi dimana cara masyararakat untuk hidup secara normal telah gagal sebagai akibat dari peristiwa kemalangan luarbiasa, baik karena peristiwa alam ataupun perbuatan manusia (Sphere Project, 2000).
 Bencana ekologis adalah akumulasi krisis ekologis yang disebabkan oleh ketidakadilan dan gagalnya sistem pengurusan alam yang telah mengakibatkan pranata kehidupan masyarakat menjadi colapse (WALHI, 2006).
 Indonesia adalah negeri yang rawan dan rentan terhadap bencana, baik yang berasal dari alam maupun yang terjadi akibat salah memperlakukan alam (perbuatan manusia). Dalam catatan akhir tahun WALHI 2006, dinyatakan bahwa 83% wilayah Indonesia masuk dalam kategori rawan bencana. Dalam kurun waktu lima tahun, 1998-2004 terjadi 1150 kali bencana, dengan korban jiwa 9900 orang serta kerugian sebesar Rp 5922 miliar. Tiga bencana utama adalah banjir (402 kali, korban 1144 jiwa, kerugian Rp. 647,04 miliar), kebakaran (193 kali, korban 44 jiwa, kerugian Rp. 137,25 miliar) dan tanah longsor (294 kali, korban 747 jiwa, kerugian Rp. 21,44 miliar).  Pada tahun 2006 WALHI mencatat telah terjadi lebih dari 135 kali bencana ekologis yang menyebabkan lebih dari 6000 orang meninggal dunia, lebih dari 25.000 keluarga kehilangan rumah, lebih dari 1 juta orang menjadi pengungsi, serta menimbulkan kerugian ekonomi lebih dari Rp. 60 triliun (WALHI, 2007).
Rentetan bencana yang saat ini terjadi menunjukan bahwa bencana akibat kesalahan dalam memperlakukan alam terus mengalami peningkatan. Lima tahun terakhir (2001- 2006) telah terjadi peningkatan banjir, longsor, kebakaran hutan, gagal panen, gagal tanam dan kekeringan secara signifikan. Dampak dari bencana tersebut bukan hanya pada korban jiwa dan benda, namun berdampak pula pada produksi pertanian, tercemarnya sumber air serta masalah sosial yang lebih luas seperti pengungsi dan migrasi penduduk (WALHI, 2007).  
 Manajemen Bencana Sebagai Langkah Penanggulangan Dampak negatif Bencana
Masalah bencana berkaitan dengan isu yang luas, bukan saja masalah ekonomi, tetapi masalah sosial, ekologi, bahkan merambah ke wilayah politik. Ketidakmampuan menangani bencana bisa berakibat fatal terhadap kepercayaan masyarakat kepada penguasa (Djohanputro, 2006). Dampak negatif dari bencana begitu besar sehingga diperlukan adanya manajemen bencana untuk meminimalisasi atau bahkan menghindari kerugian dan penderitaan.                                                         
University of Wisconsin mendefinisikan manajemen bencana sebagai:
 the range of activities designed to maintain control over disaster and emergency situation and to provide a framework for helping at-risk persons to avoid or recover from the impact of disaster. Disaster management deals with situation that occurs prior to, during, and after the disaster. (serangkaian kegiatan yang didesain untuk mengendalikan situasi bencana dan darurat dan untuk mempersiapkan kerangka untuk membantu orang yang rentan-bencana untuk menghindari atau mengatasi dampak bencana tersebut. Manajemen bencana berkaitan dengan situasi yang terjadi sebelum, selama, dan setelah bencana) (Djohanputro, 2006).
Pada prinsipnya, manajemen bencana dilakukan sejak sebelum bencana terjadi, bukan pada saat dan setelah bencana terjadi. Tujuan manajemen bencana yang baik adalah:
  1. Menghindari kerugian pada individu, masyarakat, maupun negara melalui tindakan dini (sebelum bencana terjadi). Tindakan ini termasuk pencegahan. Tindakan ini efektif sebelum bencana itu terjadi. Tindakan penghindaran biasanya dikaitkan dengan beberapa upaya. Pertama, penghilangan kemungkinan sebab. Kalau bencana itu bisa disebabkan oleh kesalahan manusia, tindakan penghilangan sebab tentunya bisa dilakukan, tetapi hal ini akan sulit bila penyebabnya adalah alam yang memiliki energi di luar kemampuan manusia untuk melakukan. Oleh karena itu, tindakan penghindaran bencana alam lebih diarahkan pada menghilangkan, atau mengurangi kondisi, yang dapat mewujudkan bencana. Contoh “kondisi” yang dimaksud adalah struktur bangunan. Kondisi bangunan yang baik bisa meminimalisasi atau menghilangkan risiko bencana. Struktur bangunan yang sesuai untuk kondisi gempa menyebabkan bangunan tahan terhadap goncangan, sehingga kerugian manusia, fisik, ekonomi, dan lingkungan bisa dihindari.
  2. Meminimalisasi kerugian pada individu, masyarakat, maupun negara berupa kerugian yang berkaitan dengan orang, fisik, ekonomi, dan lingkungan bila bencana tersebut terjadi. Tindakan meminimalisasi kerugian akan efektif bila bencana itu telah terjadi. Tetapi perlu diingat, piranti tindakan meminimalisasi kerugian itu telah dilakukan jauh sebelum bencana itu sendiri terjadi. Contoh, bencana alam dengan cepat akan menimbulkan masalah pada kesehatan akibat luka parah, bahkan meninggal. Maka, tindakan minimalisasi yang harus dilakukan sejak dini adalah penyebaran pusat-pusat medis ke berbagai wilayah, paling tidak sampai ke tingkat kecamatanan.
  3. Meminimalisasi penderitaan yang ditanggung oleh individu dan masyarakat yang terkena bencana.
  4. Memperbaiki kondisi (terutama infrastruktur) sehingga individu dan masyarakat dapat mengatasi permasalahan akibat bencana.
2.3      Phytopumping Sebagai Kemampuan Tumbuhan Yang Memiliki Peran Dalam Reduksi Limbah Cair
 Di alam ini, semua zat atau bahan, akan mengalami proses daur ulang secara fisika, kimiawi, dan biologis. Satu atau beberapa tahap dari proses daur ulang berlangsung dalam air, karena air dapat melarutkan hampir semua jenis zat atau bahan (Khiatuddin, 2003).
 Air limbah yang mengandung berbagai senyawa kimia yang dibuang oleh manusia dan berbahaya bagi lingkungan akan terurai (membusuk) di dalam perairan untuk menjadi senyawa kimia yang lebih sederhana dan tidak berbahaya. Senyawa sederhana ini akan diserap kembali oleh tumbuhan untuk disintesis menjadi senyawa kimia yang kompleks dengan bantuan energi matahari (Khiatuddin, 2003). Kemampuan tumbuhan semacam ini oleh Mangkoedihardjo (2007) disebut phytopumping, yang dapat dinyatakan sebagai kemampuan tanaman menyerap air melalui akar dan air ditranspirasikan melalui daun dengan bantuan energi matahari. Phytopumping mampu mengalihkan limbah cair ke udara. Pelepasan limbah ke udara di sini dalam arti limbah cair yang diserap oleh tumbuhan telah diubah menjadi zat yang lebih sederhana dan tidak berbahaya.
 Berkenaan dengan kemampuan phytopumping tumbuhan, utamanya tumbuhan darat, maka tumbuhan dapat dilibatkan pengolahan limbah secara on-site system dalam lingkup konsep evapotranspiration bed (Mangkoedihardjo, 2007). Penerapan konsep evapotranspiration bed pada dasarnya merupakan pemanfaatan kemampuan phytopumping tumbuhan untuk menyerap bahan pencemar.
 2.4      Nilai Essensial Ruang Terbuka Hijau
 Ruang Terbuka Hijau (RTH) dikenal dengan istilah green space atau open space. Pengertian Ruang Terbuka Hijau (RTH) berdasarkan Perda No.7 Tahun 2002 tentang Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau, pasal 1 adalah ruang kota yang berfungsi sebagai kawasan hijau pertamanan kota, kawasan hijau hutan kota, kawasan hijau rekreasi kota, kawasan hijau permakaman, kawasan hijau pertanian, kawasan hijau jalur hijau, dan kawasan hijau pekarangan.
RTH berfungsi sebagai filter udara dan daerah tangkapan air, dan mengurangi kadar zat pencemar udara serta menambah kenyamanan kota. Hasil penelitian Puslitbang Nasional, menunjukkan bahwa tanaman-tanaman yang terdapat di RTH dapat mereduksi polusi udara sekita 5 hingga 45%. RTH juga sangat efektif mengurangi efek-efek climatological health pada lokasi pemusatan bangunan tinggi yang berakibat pada timbulnya anomali-anomali pergerakan zat pencemar udara yang berdampak destruktif baik terhadap fisik bangunan maupun mahluk hidup (Arisandi, 2003).
 Penanaman tumbuhan atau vegetasi berkayu dapat memberikan manfaat lingkungan
sebesar-besarnya seperti manfaat proteksi, estetika, rekreasi, dan penghasil O2. Kegunaan khusus lainya adalah sebagai peningkat kualitas lingkungan kota dan secara mikro dapat menciptakan kondisi yang nyaman dan ketercapaian keseimbangan antara lingkungan alam dengan lingkungan binaan (Arisandi, 2003). 
RTH memiliki nilai penting bagi keseimbangan ekosistem dan harmonisasi hubungan antara manusia dan lingkungan diantaranya:
  1. Tumbuhan ini memiliki kemampuan untuk mengakumulasi logam berat Cu (Tembaga), Zn(Seng), Cd (Cadmium), Pb(Timbal/timah hitam), dan Mn (mangan). Karena secara fisiologis unsur-unsur tersebut digunakan hampir semua pohon sebagai katalisator reaksi metabolisme dan berperan pada pembentukan organ tumbuhan. Semakin banyak pohon yang di tanam
    di sepanjang jalan,maka akan membantu menurunkan emisi logam berat di udara.
  2. Keberadaan RTH dapat menciptakan iklim mikro yang dapat menunjang kehidupan makhluk hidup lainnya.
  3. Memberikan pengaruh positif pada kesehatan manusia, RTH juga melepaskan anion (ion negatif) lebih besar ketimbang kawasan tanpa pepohonan. Anion memberi pengaruh baik bagi kesehatan karena dapat membunuh dan menghentikan aktivitas bakteri; mengurangi penyakit pernapasan karena berfungsi mengaktifkan gerakan bulu getar hidung,
    melebarkan saluran napas, menjaga peredaran darah normal, dan mengurangi kecepatan pernapasan; menaikkan kemampuan menyerap dan memanfaatkan oksigen, mengaktifkan pembaharuan sel dan meningkatkan fungsi pertahanan tubuh; serta menghilangkan kelelahan.
  4. Pengelolaan RTH yang profesional dapat melahirkan suatu lokasi yang menyuguhkan unsur refreshing dan wisata bagi pengunjungnya, keberagaman pohon dan satwa yang ada juga memiliki unsur pendidikan lingkungan yang orisinil, sehingga tidak berlebihan bila hutan kota dapat dikemas menjadi sebuah tempat ekowisata (Objek wisata dengan mengenalkan unsur interaksi lingkungan).
  5. Pohon-pohon dalam lingkungan kehidupan perkotaan memberikan nuansa kelembutan. Perkembangan kota lazimnya diwarnai dengan aneka kekerasan, dalam arti kiasan kekerasan sedikit banyak dapat dilunakkan dengan elemen air atau pepohonan (Arisandi, 2003).
2.5      Penataan Distribusi Tumbuhan Dalam Konsep Tata Ruang Terbuka Hijau Berbasis Topografi
Menurut Mangkoedihardjo (2007), luas area untuk RTH dalam suatu area dapat ditentukan berdasarkan jumlah penduduk. Jika ditilik bedasarkan variasi jumlah penduduk antar kota-kota, penentuan area untuk RTH tidak dapat disamaratakan. Jika luas RTH telah ditentukan, maka penentuan selanjutnya adalah bagaimana pendistribusian vegetasi sebagai elemen RTH dalam suatu kota. Distribusi tumbuhan sangat cocok diterapkan pada lahan basah (wetland), jalur garis sungai, dataran tinggi, dan peletakan vegetasi menurut arah utara-selatan, yang pada dasarnya mengikuti pedoman seperi intensitas matahari, pergerakan matahari, dan reaksi foosintesis.
 Pertumbuhan tanaman secara tidak langsung dipengaruhi oleh radiasi sinar matahari. Intensitas cahaya matahari merupakan panduan alami bagaimana vegetasi didistribusikan. Intensitas matahari lebih banyak pada dataran tinggi dari pada dataran rendah, sehingga distribusi area RTH pada dataran tinggi kota harus dijaga untuk menjamin tersedianya energi fotosintesis yang optimal bagi tumbuhan. Hal ini juga mendukung pemikiran tradisional dan penerapan konvensional bahwa penghijauan pada dataran tinggi dapat memaksimalkan ketersediaan air tanah dan meminimalisasi runoff permukaan yang pada akhirnya dapat mengurangi banjir pada dataran rendah (Mangkoedihardjo, 2007).
 Memaksimalkan luas RTH pada dataran tinggi dengan memperhatikan topografi kota merupakan hal yang menarik. Pertimbangan yang mengiringi konsep tersebut adalah berapa banyak area RTH yang harus didistribusikan pada lahan curam dan lahan landai. Hal ini mewakili tujuan utama dari konsep tersebut yaitu untuk mereduksi runoff. Pada akhirnya hasil berharga dari penerapan konsep ini adalah sebagai alat perencanaan ruang kota secara khusus, dan integrasi manajemen persediaan air secara umum (Mangkoedihardjo, 2007).
 Peran RTH dalam keseimbangan jatuhan air hujan sangat besar. Keseimbangan jumlah jatuhan air hujan dapat mengikuti persamaan (1):
Qp = Qi + Qr  ……………………(1)
Dimana:
Qp       = Jumlah jatuhan air hujan
Qi        = Jatuhan air hujan yang mengalami infiltrasi ke dalam tanah
Qr        = Jatuhan air hujan yang mengalami runoff.
Aliran infiltrasi (Qi) bergantung pada karakteristik profil tanah, sehingga Formula Darcy Weisbach dapat diterapkan sebagai berikut:
Qi = K x I x Av  ……………………(2)
Dimana K merupakan permeabilitas tanah sebagai nilai spesifik tempat, I dinyatakan sebagai headloss air yang melalui kedalaman tanah, Av adalah luasan resapan air secara vertikal.
 Sedangkan aliran runoff (Qr) tergantung pada karakteristik permukaan tanah, karena itu Formula Manning untuk hidrolika saluran dapat diaplikasikan sebagai berikut:
Qr = (1/n) x Ah x R2/3 x S1/2  ……………………(3)
Dimana, n merupakan nilai kekasaran konstan permukaan tanah. Ah adalah luas area runoff secara horizontal. R adalah radius hidraulik secara horizontal dari luas area permukaan runoff. S dinyatakan sebagai kemiringan tanah (topografi).
 Jika perasamaan (2) dan (3) dimasukkan dalam persamaan (1) akan didapatkan persamaan (4), sebagai berikut:
Qp = (K x I x Av) + ((1/n) x Ah x R2/3 x S1/2)  ……………………(4)
Persamaan (4) dapat diterapkan sebagai model distribusi RTH di perkotaan yang berbasis topografi (Mangkoedihardjo, 2007).
 2.5.1        Kebutuhan Luas Area RTH Berkenaan Dengan Kualitas Udara
Menurut Anonim (1999), pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan peradaban umat manusia yang diiringi dengan meningkatnya konsumsi bahan bakar fosil telah memunculkan masalah krisis ekologi besar berupa pencemaran lingkungan skala dunia. Salah satu bahan pencemar yang berada dalam jumlah besar adalah karbon dioksida (CO2) yang menyebabkan berbagai permasalahan mulai dari masalah kesehatan hingga hujan asam. 
 Untungnya RTH mampu menyerap karbon dioksida, karena karbon dioksida dikonsumsi oleh tumbuhan sebagai zat-zat pembangun.  Menurut Samudro, G dan Mangkoedihardjo, S (2006), kemampuan RTH dalam menyerap karbon dioksida mempunyai korelasi dengan ketersediaan air dan intensitas cahaya matahari. Sehingga distribusi vegetasi sebagai pendukung RTH dapat diterapkan berdasarkan keberadaan dua unsur pokok tersebut.
 2.5.2        Pentingnya Peran RTH Sebagai Penyokong Daerah Pantai
 Daerah pantai sangat rawan mendapat serangan berbagai bencana. Salah satu yang sangat fenomenal adalah kasus bencana tsunami di Aceh. Menurut Mancamedia (2006) tsunami adalah rangkaian gelombang laut yang mampu menjalar dengan kecepatan hingga lebih 900 km per jam, terutama diakibatkan oleh gempa bumi yang terjadi di dasar laut. Kecepatan gelombang tsunami bergantung pada kedalaman laut. Di laut dengan kedalaman 7000 m misalnya, kecepatannya bisa mencapai 942,9 km/jam. Kecepatan ini hampir sama dengan kecepatan pesawat jet. Namun demikian tinggi gelombangnya di tengah laut tidak lebih dari 60 cm. Akibatnya kapal-kapal yang sedang berlayar diatasnya jarang merasakan adanya tsunami. (Mancamedia, 2006).
 Tsunami terutama disebabkan oleh gempa bumi di dasar laut. Tsunami yang dipicu akibat tanah longsor di dasar laut, letusan gunung api dasar laut, atau akibat jatuhnya meteor jarang terjadi. Tidak semua gempa bumi mengakibatkan terbentuknya tsunami. Syarat terjadinya tsunami akibat gempa bumi adalah:
1. Pusat gempa terjadi didasar laut
2. Kedalaman pusat gempah kurang dari 60 km.
 Gambar 2.2 Mekanisme Terjadinya Tsunami
Sumber: Mancamedia, 2006
Berdasarkan mekanisme terjadinya tsunami, Mangkoedihardjo (2006, submitted), membuat suatu model hidraulik untuk memperkirakan kecepatan tsunami yang akan menghantam daratan, dengan menerapkan Formula Manning, dimana model pergerakan tsunami dianggap sebagai suatu saluran terbuka. Formula tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
Vr = (1/n) x R2/3 x S1/2 ……………………(5)
Vr merupakan kecepatan runoff tsunami, sedangkan n merupakan nilai kekasaran permukaan daratan  yang tergantung pada karakteristik permukaan tanah, R merupakan radius hidraulik dari area muka runoff secara horizontal, sedangkan S merupakan slope hidraulik, yaitu selisih ketinggian ombak pada waktu terjadi tsunami di mana nilai slope hidraulik ini dapat dinyatakan juga sebagai headloss (hf) atau kehilangan akibat gesekan sepanjang penyebaran air tsunami.
 2.6 Gamal (Glicidia maculata) dan Mimba (Azadirachta indica) Sebagai Sumber Daya Alam Hayati yang Penuh Potensi
2.6.1    Karakteristik Gamal
 Gamal dalam taksonomi tumbuhan termasuk famili Fabaceae (Papilionoideae) yaitu salah satu jenis tanaman yang mudah ditanam dan tidak memerlukan sifat tanah khusus. (Manglayang Farm Online, 6 Maret 2006).
 Gamal adalah pribumi di kawasan Pantai Pasifik Amerika Tengah yang bermusim kering. Gamal diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar tahun 1900 untuk digunakan sebagai tanaman pelindung pada areal perkebunan di daerah Medan (Harian Umum Suara Karya, 19 Mei 1992 dalam Manglayang Farm Online, 6 Maret 2006). Ciri umum Gamal adalah daun menyirip, dengan bentuk daun oval runcing yang agak lebar, dan bunganya cukup indah berwarna ungu keputihan. Tanaman Gamal tumbuh baik pada daerah dengan ketinggian 0-1300 meter dari permukaan laut dan dapat tumbuh mencapai ketinggian 10 meter (Lembar Informasi Pertanian (LIPTAN) BIP Irian Jaya No. 110/92, 1992).
  Gambar 2.2 Tanaman Gamal (Glicidia maculata)
Sumber: Manglayang Farm Online, 2006
 2.6.2        Perkembangbiakan Gamal
 Perkembangbiakkan Gamal sangat mudah. Tanaman ini dapat diperbanyak melalui biji ataupun stek. Namun karena sukarnya mendapatkan biji Gamal sebaiknya ditanam dengan menggunakan stek batang, karena lebih mudah dan lebih cepat daripada melalui biji (Lembar Informasi Pertanian (LIPTAN) BIP Irian Jaya No. 110/92, 1992). Tanaman yang diperbanyak dengan stek sudah dapat dipanen perdana pada usia di bawah 1 tahun (biasanya 8-10 bulan). Sedangkan pada tanaman biji, hasil biomassa baru dapat diperoleh pada usia sekira 2 tahun (Manglayang Farm Online, 6 Maret 2006).
 2.6.3        Manfaat Gamal
 Gamal dapat dimanfaatkan antara lain sebagai pakan ternak yang banyak disukai oleh ternak ruminansia kecil seperti kambing dan domba (Lembar Informasi Pertanian (LIPTAN) BIP Irian Jaya No. 110/92, 1992). Gamal mempunyai nilai gizi yang tinggi, pencegah erosi, dan penyubur tanah. Kayunya dapat digunakan sebagai kayu bakar, arang atau sebagai bahan bangunan dan alat pertanian. Tanaman ini juga digunakan dalam berbagai sistem pertanaman, yaitu sebagai pohon pelindung dalam penanaman teh, cokelat, atau kopi. Selain itu juga berfungsi sebagai penyangga hidup untuk tanaman vanili, lada hitam, dan ubi jalar. Manfaat lain yang lebih umum yaitu digunakan sebagai pagar hidup, tanaman pupuk hijau pada pola tanam tumpang sari, sebagai penahan tanah pada pola tanam lorong dan terasering. Selain itu, tanaman ini juga ternyata dapat digunakan untuk mereklamasi tanah atau lahan yang gundul atau tanah yang rapat ditumbuhi oleh alang alang (Imperata cylindrica) (Manglayang Farm Online, 6 Maret 2006). Salah satu sebab mengapa Gamal cepat populer adalah resistensinya terhadap hama kutu loncat (Heteropsylla cubana) yang telah meluluhlantakan Lamtoro di berbagai belahan dunia tropis. (FAO, 1998).
 Manfaat lain dari Gamal yaitu biji, pepagan, daun, dan akarnya dapat digunakan sebagai rodentisida dan pestisida setelah terlebih dahulu dilakukan fermentasi. Bunganya digunakan oleh lebah sebagai sumber nutrisi dan zat gula dalam pembuatan madu lebah. Bahkan di beberapa daerah, Gamal ditanam sebagai tumbuhan eksotik dan penghias taman karena memiliki bunga berwarna lembayung yang indah (Manglayang Farm Online, 6 Maret 2006).
 2.6.4        Karakteristik Mimba
 Mimba dalam taksonomi tumbuhan termasuk famili Meliaceae (dalam Anonim, 2005), yaitu pohon yang banyak ditemukan di India maupun di tempat beriklim kering lainnya. Pohon ini tumbuh baik di propinsi NTB dan NTT (Agus, F dan Rahayu, S, 2004).
 Pohon mimba memiliki tinggi 8-15 m dan berbunga banci. Batangnya simpodial, serta kulit batangnya mengandung gum dan pahit. Daun menyirip, berjumlah gasal dan berpasangan, serta tepi daun bergerigi kasar.  Bunga memiliki susunan malai dan terletak di ketiak daun paling ujung. Tangkai bunga mempunyai panjang 1-2 mm dengan kelopak berwarna kekuningan. Mahkota bunga berwarna putih kekuningan. Buahnya bulat dan berwarna hijau kekuningan (Anonim, 2005).
 Asal usul tanaman Mimba tidak jelas. Waktu berbunga antara Maret – Desember. Tumbuh di dataran rendah pada daerah tropis. Tanaman ini tumbuh di daerah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Madura pada ketinggian sampai dengan 300 m dari permukaan laut. Tumbuh di tempat kering berkala, sering ditemukan di tepi jalan atau di hutan terang (Anonim, 2005).
  
 Gambar 2.3 Tanaman Mimba (Azadirachta indica)
Sumber: Anonim, 2003

2.6.5        Manfaat Mimba
 Pohon ini mempunyai berbagai manfaat untuk pertanian dan kesehatan serta dapat diintegrasikan dalam sistem agroforestri. Pohon Mimba memberikan perlindungan bagi hewan, memproduksi bahan organik yang dapat digunakan sebagai pupuk organik, pestisida dan insektisida, makanan ternak, kayu bakar, dan cocok digunakan sebagai tanaman pagar serta penahan angin. Kayunya keras dan tahan terhadap rayap. Dalam sistem agroforestri pohon Mimba cocok ditanam di kebun campuran bersama pohon-pohon lain, tetapi karena pohonnya rindang, maka kurang cocok untuk ditanam bersamaan dengan tanaman pangan atau hortikultura semusim (Agus, F dan Rahayu, S, 2004).
 Pupuk organik dari pohon Mimba mengandung unsur hara yang penting untuk tanaman. Pestisida alami yang terbuat dari mimba merupakan alternatif pestisida kimia bagi petani. Biji dan daun pohon Mimba mempunyai rasa yang sangat pahit karena mengandung zat azadirachtin. Zat tersebut efektif sebagai pestisida dan insektisida. Serangga yang memakan daun yang telah disemprot insektisida mimba akan terpengaruh, namun serangga yang menyerbukkan bunga, yaitu yang menghisap nektar (cairan sari bunga), seperti lebah, tidak terpengaruh oleh azadirachtin.  Ekstrak daun mimba dapat berefek sebagai fungisida alami pada pengendalian penyakit antraknosa pada apel pasca panen, serta berefek insektisida terhadap larva Aedes aegypti (Agus, F dan Rahayu, S, 2004).
Bagi kesehatan masyarakat, daun mimba dapat dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan, menanggulangi disentri, borok, malaria, dan anti bakteri. Minyak Mimba dimanfaatkan untuk mengatasi eksim, kepala yang kotor, kudis, cacing, menghambat perkembangan, dan pertumbuhan kuman (Anonim, 2005). Kulit batang digunakan untuk mengatasi nyeri lambung, penguat, dan penurun demam. Buah dan getahnya dapat digunakan sebagai penguat. (dalam Agus, F dan Rahayu, S, 2004).
BAB III
METODE PENULISAN
3.1  Tahapan Penulisan
Penyusunan karya tulis ini memiliki tahapan – tahapan dalam proses penulisannya sebagai landasan untuk mengembangkan konsep dasar dalam perumusan permasalahan yang diangkat. Tahapan – tahapan tersebut akan dijelaskan dalam tiap sub bab berikut.
 3.1.1        Perumusan Tema dan Permasalahan
 Tahap ini merupakan dasar pijakan untuk kelanjutan proses penulisan, dimana pada tahap ini dirumuskan isi yang akan dibahas dalam karya tulis. Tujuan dari tahap ini adalah untuk menjabarkan tema berdasarkan permasalahan yang diangkat.
 3.1.2        Pengumpulan Dasar Teori dan Data
 Tahap ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari tahap sebelumnya, dimana dasar teori dan data yang dikumpulkan merupakan landasan untuk memperkuat perwujudan tema yang dibahas.
 3.1.3        Analisa Masalah
 Tahap selanjutnya adalah analisa masalah dimana pada tahap ini dilakukan integrasi antara hasil analisa permasalahan dengan dasar teori yang sesuai, sehingga hasil akhirnya berupa solusi yang berlandaskan dasar yang sesuai.
 3.1.4        Kesimpulan
 Kesimpulan merupakan hasil penyatuan dan inti dari keseluruhan isi karya tulis yang berupa uraian singkat dan rekomendasi dari solusi yang dibahas dalam karya tulis ini.
 3.2  Pengumpulan data
 Data-data yang digunakan dalam karya tulis ini dikumpulkan melalui beberapa metode, antara lain:
  1. Tinjauan Pustaka
Data-data diperoleh melalui text book dan jurnal yang relevan.
  1. Tinjauan Media
Data-data yang diperoleh merupakan input dalam penyusunan karya tulis ini yang diperoleh dari internet, media cetak dan media elektronik informasi yang merupakan tambahan teori yang menajdi acuan.
 3.3  Metode Analisa
 Metode pendekatan pada proses analisa yang dilakukan dalam penulisan karya tulis ini adalah :
  1. Metode analisa deskriptif yaitu analisa untuk mengelola dan menafsirkan data yang diperoleh sehingga dapat menggambarkan keadaan yang sebenarnya pada obyek yang dikaji.
  2. Metode analisa komparatif untuk melihat perbandingan gagasan yang ditawarkan dengan beberapa teori yang relevan dengan gagasan.
3.4  Kerangka Berpikir
  
Gambar 3.1 Kerangka Penulisan Karya Ilmiah

BAB IV
PEMBAHASAN
4.1  Pendistribusian RTH Berdasarkan Tata Ruang Kota
 Ruang Terbuka Hijau keberadaannya mutlak diperlukan di perkotaan, terutama untuk mengatasi masalah sanitasi lingkungan. Pada pembahasan ini, digunakan tumbuhan Gamal dan Mimba sebagai komponen pengisi RTH.
 Pendistribusian RTH dengan menggunakan tanaman Gamal dan Mimba mempunyai beberapa sasaran wilayah utama yang mempunyai korelasi dengan tujuan yang ingin dicapai sebelumnya, antara lain:
  1. Daerah bantaran sungai
  2. Daerah yang memiliki sanitasi on-site system, seperti septic tank dengan area lahan yang cukup memadai untuk ditumbuhkan vegetasi berpohon rindang.
  3. Daerah Perkebunan dan sawah dengan sistem terasiring
  4. Daerah dataran tinggi atau mempunyai topografi yang curam (rawan longsor)
  5. Taman kota
  6. Daerah yang berdekatan dengan laut
  7. Daerah beriklim kering dengan penduduk mayoritas bermata pencaharian sebagai peternak.
 4.2  Pendistribusian RTH Dengan Memanfaatkan Tanaman Gamal dan Mimba Pada Daerah Bantaran Sungai
 Pendistribusian tanaman Gamal dan Mimba di area bantaran sungai mempunyai tujuan antara lain:
  1. Mencegah banjir di area bantaran sungai, di mana di Indonesia daerah bantaran sungai telah banyak dijadikan area permukiman. Dengan adanya Gamal dan Mimba yang berstruktur kuat dapat menahan air permukaan.
  2. Menambah nilai estetika, di mana Gamal dan Mimba mempunyai bunga yang cukup indah serta area menjadi teduh.
  3. Menambah pasokan oksigen dan menyerap karbon dioksida di daerah sekitarnya. Di mana berdasarkan Samudro, G dan Mangkoedihardjo, S (2006), ketersediaan air sangat mempengaruhi penyerapan tumbuhan dalam menyerap karbon dioksida.
  4. Penanaman Gamal dan Mimba yang didistribusikan di sekitar on-site system pengolahan limbah domestik penduduk seperti septic tank dapat membantu penyerapan zat pencemar organik di dalam septic tank. Misalnya Gamal dan Mimba di tanam di dekat sumur resapan dari septic tank atau di antara sumur resapan dengan sumber air seperti sumur. Hal ini akan membantu konsentrasi pengalihan zat pencemar dari dalam sumur resapan ke tanaman. Jadi zat pencemar yang seharusnya meresap ke dalam tanah dan kemungkinan dapat menjangkau air tanah atau sumber air, akan terserap ke tumbuhan. Namun untuk lahan yang kurang begitu luas, disarankan memakai tumbuhan Gamal karena ukuran pohonnya relatif lebih kecil dibandingkan dengan mimba.
  5. Penanaman tanaman Gamal dan Mimba yang ditanam di daerah bantaran sungai juga dapat membantu penyerapan zat pencemar, karena adanya kemampuan phytopumping dari tumbuhan yang menarik zat pencemar melalui akar.
  6. Dapat mereduksi runoff sehingga infiltrasi air hujan dapat maksimal.
 4.3  Pendistribusian RTH Dengan Memanfaatkan Tanaman Gamal dan Mimba Pada Daerah yang Memiliki Sanitasi On-Site System
 Pendistribusian dapat dilakukan, misalnya dengan menanam tanaman Gamal dan Mimba di sekitar sumur resapan, tangki penampung limbah domestik, maupun septic tank. Penanaman di tepi lahan basah buatan dengan tujuan pengolaahan limbah domestik akan sangat baik sekali diterapkan. Sebab tumbuhan akan membantu sistem pengolahan limbah secara alami.
 4.4  Pendistribusian RTH Dengan Memanfaatkan Tanaman Gamal dan Mimba Pada Daerah Perkebunan dan Sawah Dengan Sistem Terasiring
 Pendistribusian tanaman Gamal dan Mimba pada daerah ini tergantung dari jenis tanaman dalam perkebunan. Tidak disarankan ditanam di dekat tanaman tanaman holtikultura atau semusim, sebab sifat rindang yang dimiliki dapat mengurangi intensitas cahaya matahari pada tanaman perkebuann tersebut. Jika jenis tanaman perkebuanan adalah tanaman rambat, Gamal dan Mimba dapat digunakan sebagai inang dan penghambat pertumbuhan alang-alang. Sedangkan fungsi yang umum dari kedua tanaman ini adalah untuk melindungi perkebunan, misalnya sebagai pagar hidup. Penanaman tanaman Gamal dan Mimba di area perkebunan dapat berfusngsi sebagai penahan laju angin topan, sehingga kerusakan tanaman dapat direduksi. Fungsi lain adalah sebagai pasokan bahan pestisida biologis bagi tanaman perkebunan.
 Pendistribusian tanaman Gamal dan Mimba pada areal persawahan dengan metode terasiring membantu dalam menahan kekuatan struktur tanah dan menahan air.
 4.5  Pendistribusian RTH Dengan Memanfaatkan Tanaman Gamal dan Mimba Pada Daerah Dataran Tinggi atau betopografi curam
 Pendistribusian tanaman Gamal dan Mimba Pada dataran tinggi sangat baik dilakukan terutama dengan tujuan menambah ruang hijau. Berdasarkan Mangkoedihardjo (2007), pendistribusian tumbuhan di dataran tinggi dapat memberikan intensitas cahaya matahari yang optimal bagi tumbuhan sehingga menunjang pertumbuhannya. Selain itu dapat juga menambah nilai estetika dan memperkuat struktur tanah sehingga mengurangi potensi terjadi tanah longsor.
 Penataan distribusi tumbuhan gamal dan Mimba ini tetap berbasis pada sifat topografi daratan untuk mengoptimalkan intensitas cahaya matahari pada tumbuhan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti arah utara-selatan, sehingga intensitas cahaya dapat terdistribusi meata.
 4.6  Pendistribusian RTH Dengan Memanfaatkan Tanaman Gamal dan Mimba Pada Taman
 Pendistribusian Gamal dan Mimba pada taman mempunyai tujuan utama, sebagai penyedia oksigen dan penyerap karbon dioksida, sebagai penambah keteduhan taman, serta pelindung taman dari angin kencang di samping memiliki fungsi menambah nilai estétika taman.
 4.7  Pendistribusian RTH Dengan Memanfaatkan Tanaman Gamal dan Mimba Pada Daerah yang bedekatan dengan laut
 Pendistribusian Gamal dan Mimba pada daerah yang dekat dengan laut, dapat berfungsi untuk mengantisipasi kerusakan yang diakibatkan oleh bencana tsunami yang bisa datang sewaktu-waktu. Berdasarkan Mangkoedihardjo (2006, submitted), keberadaan tanaman yang kuat dapat menjadi peredam kekuatan tsunami mengikuti Formula Manning, dimana dengan menggunakan perhitungan Formula Manning akan dapat diketahui luas area penanaman vegetasi yang dibutuhkan untuk mmeredam tsunami. Selain itu Gamal dan Mimba juga sangat cocok tumbuh di dataran rendah
 4.8  Pendistribusian RTH Dengan Memanfaatkan Tanaman Gamal dan Mimba Pada Daerah Beriklim Kering Dengan Mayoritas Penduduk Bermatapencaharian Sebagai Peternak
Tanaman Gamal dan Mimba sangat cocok tumbuh dii daerah kering. Keduanya juga dapat digunakan sebagai pakan ternak yang mempunyai nilai protein tinggi. Ternak yang dimaksud adalah ternak ruminansia seperti sapi dan domba. Selain itu keberadaan Gamal dan Mimba di daerah kering dapat digunakan untuk mencegah erosi.

BAB V
KESIMPULAN
Penggunaan tanaman Gamal dan Mimba dalam Penerapan RTH merupakan solusi efektif dalam menangani permasalahan sanitasi lingkungan dan manajemen bencana alam. RTH merupakan alternatif pemecahan masalah sanitasi lingkungan yang ramah lingkungan dan memberikan banyak keuntungan. Keuntungan tersebut menjadi lebih besar dengan pemanfaatan tanaman Gamal dan Mimba yang memiliki banyak manfaat. Sebagai salah satu sumber daya alam hayati, tanaman gamal dan mimba sangat cocok diterapkan hampir di semua wilayah di Indonesia, karena mempunyai daya adaptasi ayng baik. Sehingga penerapan RTH dengan memanfaatkan tanaman Gamal dan Mimba merupakan solusi efektif yang bkan saja dapat mengatasi masalah sanitasi lingkunagn tetapi juga dapat berpartisipasi dalam manajemen bencana yang sering terjadi di Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
 Anonim. 14 Desember 2006. Indonesia Miliki Sanitasi Terburuk Ketiga di Asia Tenggara. Jakarta Pusat: Antara News.
Middleton, Richard. Seri makalah hijau: Pengumpulan sanitasi. IKIP Malang.
Rosita, Elly. 16 Maret 2007. Rekor “Septic Tank” untuk Indonesia. Jakarta Pusat: Kompas.
Arisandi, Prigi. 08 Desember 2003. Merindukan Hutan Kota di tengah Panasnya Surabaya. Gresik: Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton).
WALHI. 26 Juni 2007. Bencana Ekologis dan Keberlanjutan Indonesia. Jakarta. info@walhi.or.id
Djohanputro, Bramantyo, Ph.D, MBA, IBF. 01 September 2006. Manajemen Bencana (Disaster Management). Sekolah Tinggi Manajemen PPM.
Khiatuddin, Maulida. 2003. Melestarikan Sumber Daya Air Dengan Teknologi Rawa Buatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mangkoedihardjo, Sarwoko. 2007. Phytopumping Indices For Evapotranspiration Bed. Surabaya, Indonesia: Sepuluh Nopember Institute Of  Technology.
Samudro, G and Mangkoedihardjo, S. 2006. Water Equivalent Method For City Phytostructure Of Indonesia. Surabaya, Indonesia: Department of Environmental Engineering, Sepuluh Nopember Institute of Technology
 Mangkoedihardjo, S. 2007 Perencanaan Tata Ruang Fitostruktur Wilayah Pesisir Sebagai Penyangga Perencanaan Tata Ruang Wilayah Daratan: Sebuah Kajian Dengan Pendekatan Energi, Ekosistem, dan Ekologi. Surabaya, Indonesia: Jurusan Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember. (Submitted)
 Mangkoedihardjo. S. 2006. The significance of greenspace in coastal area of Indonesia. Surabaya, Indonesia: Laboratory of Environmental Technology, Department of Environmental Engineering, Sepuluh Nopember Institute of Technology. (Submitted)

2 comments:

Note: only a member of this blog may post a comment.