Thursday 1 October 2015

Cerita inspirasi: Ngelatih ngomong inggris

Ini cerita asli nyata 100%, terjadi pas jaman ane kuliah, berarti belum lama karena ane masih muda hahahaha....

Sebutlah ini cerita tentang cewek yang bernama Sri. Nama yang masih natural dan asli Indonesia, bahkan Sri merupakan nama dari wanita jenius Indonesia, Sri Mulyani. Nah, Sri yang ini agak beda, dia ga jenius kayak Sri Mulyani, dari desa, pakaiannya kuno, muka berminyak dan dekil, ampun parah deh, tapi Tuhan Maha Adil, di tengah kekurangnnya yang segambreng, mirip sama ane nih, ada kelebihan Sri yang luar biasa. Begini ceritanya.

Jadi pas masih semester awal, Sri ini lewat di depan pengumuman lowongan kerja. Emang kelulusan masih jauh dan IPK masih pas-pasan, tapi Sri ini cukup visioner, ingin tahu perusahaan-perusahaan itu pengennya mau ngerekrut lulusan kayak apa sih?

Nah, Sri yang udik dan gak modis (hahaha, peace Sri, lu udah kaya sekarang hahahaha) ga sengaja melihat poster sebuah perusahaan asing yang namanya aneh banget, sebutlah "Hamburger Company". Di kemudian kita-kita baru tahu kalo tuh perusahaan ternyata perusahaan yang sangat bonafit dan bikin pekerjanya kaya raya. Posternya tuh sederhana, tapi stimualtif banget, apalagi bagi Sri yang masih polos. Gambar cewek bule pake pakaian keren dan seragam keren di lingkungan yang keren. Dominasi warna posternya biru, selaras dengan warna khas Perusahaan Hamburger. Entah kesambet dari mana, tiba-tiba Sri yang saat itu belum punya cita-cita, langsung memutuskan saat itu untuk bercita-cita diterima di perusahaan Hamburger suatu saat nanti.

Gayung pun bersambut, kebetulan karena kita ada di sekolah teknik, makanya Hamburger Company rajin menggelar rekrutmen tiap tahun. Sri yang saat itu masih baru semester 3 pun semangat pengen ikut, karena tuh rekrutasi anjirr deh, terbuka bagi anak teknik semester berapapun dengan IPK min 3. Sri yang melihat IPK ane baru aja menginjak 3 (dengan susah payah) langsung ngajakin ane iseng ikut rekrutasi Hamburger. Ane yang emang kepoan akhirnya mengiyakan ajakan Sri, yah pengen tahu juga kayak apa sih si Hamburger ini.

Akhirnya, Sri sama ane daftar, dan emang begitu IPK ga sampe 3,00 langsung otomatis delete. Pesertanya, gila, banyaaakkkkk. Tempat rekrutasi nya di aula, yang kira-kira tuh 1000 orang aja nyampek. Gila gak. Nah, dari situ, ane dan Sri akhirnya menyadari kalo si Hamburger ini perusahaan terkenal juga yak, ane kirain perusahaan penjual makanan hahahaa.

Nah, tampaklah perwakilan dari Hamburger membawakan presentasi tentang Hamburger. Semuanya dalam bahasa kalbu alias bahasa Inggris. Ane dan Sri yang bahasa kalbunya pake bahasa Jawa otomatis gelagapan tak berdaya. Nomor antrian udah di tangan, bisa aja sih kita kabur untuk menghindari malu, namun Sri yang penasaran bersikeras bertahan. Malu mah ga seberapa daripada penasaran katanya. Gilak... gw yang ga mau!

Nah, akhirnya kita mengira-ngira apa yang ingin disampaikan oleh Hamburger di presentasinya dalam bahasa inggris. Sempat ketangkep maksudnya kira-kira kayak gini: "Kalo lu masuk di sini dan masih memikirkan teman-teman kalian dan keluarga kalian, forget it, silahkan keluar!" Alamak kejam kali yak si hamburger ini. Kayaknya emang membutuhkan manusia super mandiri dan smart buat masuk ke Hamburger.

Nah akhirnya sesi presentasi selesai, dan tibalah saat tes pertama. Alamak, tesnya Hamburger ini ga seperti yang kita kira. Peserta maju satu satu sesuai dengan nomor antrian dan harus mengambil kertas kocokan di depan interviewer. lalu apapun yang didapet, harus mampu menjelaskan dalam bahasa inggris selama 3 menit ke depan interviewer dan harus memberikan jawaban yang membuat interviewer mempertimbangkannya. Hyaaaa mana prosesnya dilihat sama semua orang.

Alhasil, ane sam Sri yang masih culun dengan bahasa Jawa sebagai bahasa ibu langsung GATOT alias gagal totalllllll di tes pertama. Hahahahaha

Nah, tes pertama tersebut cukup menjatuhkan banyak korban. Bayangin aja, dari sekitar 1000 orang, tinggal mungkin hanya 200 orang kali ya yang lolos ke tes berikutnya yang lebih parno. Yah ga usah dijelasin lah. Gua jadi ga minat pffftt.

Nah, selepas dari tes yang tidak disangka2 itu, akhirnya ane sama Sri pulang ke kosan. Gw masih ngerasa malu karena ga becus dan ditonton orang segambreng. Rupanya, Sri berpikir lain. Dia langsung mengajak ane les bahasa inggris di pusat bahasa kampus. Gila. Main langsung aja. tapi ane suka sih...

Nah, di pusat bahasa tuh ada grup speaking yang populer dan GRATIS. Inilah yang ane dan Sri incer sebagai mahasiswa bermodal cekak. Masalahnya adalah, muncul rumor bahwa anggota-anggotanya expert2 semua ngomong bahasa inggris dan pendatang baru pasti langsung keder duluan. Apalagi yang bahasa gaulnya Jawa kayak kita-kita. hahahaha

Namun, Sri kayaknya udah kena pelet Hamburger, jadi dia maju pantang mundur. Dia keukeuh, meskipun ane ga ikut, Sri akan berangkat sendiri. Dari sinilah, akhirnya ane meragukan mentalitas ane dibandingkan Sri. Ane pun akhirnya tergerak buat ngikut Sri les bahasa inggris. tapi sumpah gara2 pengalaman ini, bahasa inggris ane lumayan lancar lah... minimal buat speak speak zero hahahahah

Pas datang ke klub speaking tersebut, kita berdua kayak kucing baru mentas dari got dan salah masuk rumah. Semua anaknya trendi. Ane jadi minder, tapi ngeliat keteguhan Sri, ane jadi ikut keukeuh. Betulan tuh rumor, ini klub agak kejam juga karena kita musti aktif dan kalo ngomongnya ga lancar bakal malu sendiri. Hahaha, kacau pokoknya hari pertama. Sumpah maluuuu ane! Ga ketulungan. Ane dan Sri pulang dari klub speaking sambil geleng2 karena malu. Nah, ane ngira, kita ga bakalan ke sana lagi karena kapok. Ternyata Sri malah nanya, "besok mau kujemput lagi?"

Heh???

"Lu mau dateng lagi Sri? Gila lu!"
"Ya iyalah. Kalo cuman sekali mah ga ada hasilnya. Kalo dari kemampuan gw kayaknya 50 kali abru ada efeknya, tapi dikiiiiiitt."
"Hahahahahaha, gila lu, ogah ah, gw ga mau dateng lagi, Datang aja sendiri!"
"Bener? Gak nyesel?"
"Ga" Ane menjawab mantap, namun sebenarnya masih membenarkan perkataan Sri.
"Yaudah, kalo gw mah musti berusaha dulu karena tahu persyaratan buat masuk Hamburger tuh mutlak harus bisa inggris."

Begitulah, akhirnya, ane dan Sri pulang ke kosan masing-masing.

Beneran, besoknya ane ga berangkat meskipun pada akhirnya Sri tetep menjemput ane. Ane sempat merasa kayak jadi penghianat. Tapi ane kapok.

Nah, hari hari berlalu. Dan ane melihat perkembangan yang tidak terduga dari Sri. Kadang ane perhatikan Sri menyempatkan diri melatih conversationnya dengan beberapa teman dan mulai lancar. Ah, ane jadi ngiri deh dan kaget. Awalnya, ane diam aja, tapi akhirnya ane ga tahan. Ane tanya ke Sri.

"Sri, lu bagus yak inggrisnya sekarang."
"Hahahaha, gakkk belooom masih jauuuuuuuuhhhh, baru seginiiiii nih." Sri seperti biasa kasi tanda sedikit.
"Hasil dari klub yak?"
"Sebagian. Lu sih ga mau ikut."
"Emang asyik?"
"Ih, mereka mah sebenarnya ga horor kok. Begitu gw dateng yang kelima kali, mereka mulai welcome satu persatu. Tapi yah gw harus ngelatih inggris juga sesering mungkin supaya pas di klub lidah ane gak kaku kaku amat."
"Lah, gmn lu ngelatihnya? Lu kan tinggal sendiri di kosan?"
"Yah, gw mulai membiasakan ngomong sendiri kayak orang sinting gt. awalnya aneh dan nyiksa karena banyak banget hal yang ga gw ngerti dan gw sempat frustasi dan mikir kalo ngomong inggris tuh susahhh. Tapi begitu gw persisten, its fun!"

Dari situlah, ane langsung terinspirasi sama Sri. Gila, peletan si Hamburger bener2 ngerubah Sri jadi positif banget. Sri bener-bener fokus buat memenuhi segala persyaratan buat diterima Hamburger suatu saat nanti. Ini dilakukan bahkan hingga setelah lulus. Sri sempat keterima kerja di perusahaan lain habis itu, tapi tetep mengikuti perkembangan berita tentang rekrutasi Hamburger. Sri bahkan pernah ditabrak mobil gara-gara nekat pergi ke rekrutasi. Pokoknya hamburger obsession lah.

Nah, akhirnya, sekarang, Sri ga di Hamburger, tapi kerja di Hotdog, mirip sama Hamburger, malah lebih enak menurut ane. Serius. Di kemudian hari, segala usaha Sri buat menuju hamburger, sangat dihargai di Hotdog. Gajinya mah 11 12 mah sama hamburger, lebih banyak hamburger dikit, tapi lingkungan kerjanya lebih enak hotdog kalo menurut ane.

bener juga kata pepatah: Kejarlah cita-citamu setinggi langit, karena kalopun melenceng, melencengnya ga jauh2.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.