Monday 2 June 2014

Amazing Banyuwangi - Body Rafting (Tubing) X-Badeng Adventure


Keinginan memuaskan adrenalin dengan cara yang mengasyikkan membuat saya akhirnya menjatuhkan pilihan untuk melakukan body rafting / tubing di X-Badeng Adventure. Wisata Sungai Badeng ini terletak di Desa Sumber Bulu Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Perjalanan saya ke sini sedikit mengingatkan jalan menuju Air Terjun Lider, namun tentu saja dengan kondisi jalan yang jauh lebih baik.
Sebelum melakukan tubing, saya bersama dengan teman-teman menggunakan peralatan keselamatan seperti life jacket, pelindung tangan dan kaki, serta safety helmet. Kami lalu menuju lokasi awal sungai dengan mengendarai kendaraan dari X-Badeng melewati jalanan yang diapit pepohonan. Selanjutnya kami melakukan briefing untuk penjelasan teknis melakukan tubing dengan baik agar selamat dan lancar. Selanjutnya, masing-masing dari kami membawa ban yang akan digunakan untuk tubing melewati jalan setapak. Jika tidak terlatih (seperti saya) maka lama-lama tangan akan pegal.


Sesampainya di area sungai, saya menyaksikan pemandangan sungai yang cukup Indah dengan banyak bebatuan yang berasal dari kaki Gunung Raung. Arusnya cukup deras sehingga hati saya sempat merasa “keder” sekaligus senang. Pemandangan hutan pinus yang indah di sekitar sungai sangat memanjakan mata saya. Sayangnya, tidak memungkinkan bagi saya untuk mengambil gambar karena kondisi yang tidak memungkinkan.
Akhirnya, saya bersiap merebahkan tubuh saya di atas ban, dan…  petualangan pun dimulai. Arus sungai yang deras menyeret ban yang menyangga tubuh saya seorang diri. Saya terseret, ban yang saya tumpangi terhantam batu sana sini, kadang juga menghantam tepian sungai. Apabila tidak hati-hati dan waspada, kaki dan anggota tubuh saya bisa terhantam dengan keras. Momen yang mendebarkan menghiasi sepanjang perjalanan 4 km. Kadang saya tersangkut batu besar, kadang pantat saya tersundul batu, dan kadang saya terjatuh di terjunan sungai. Pastinya basah semua.
Salah seorang teman saya terjatuh beberapa kali dari ban. Meski demikian, ternyata rasanya mengasyikkan dan membuat ketagihan.






















Seusai melakukan tubing, kami disuguhi makanan sederhana oleh pemilik wisata. Rasa dingin yang menjalar tubuh kami berganti dengan rasa nikmat dari makanan hangat yang kami santap. Pengalaman tubing di X-Badeng benar-benar mengasyikkan.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.