Friday 11 October 2013

Bolu Gulung ala Mbak Ricke Indriyani




Menurut saya, kue ini merupakan salah satu kue paling sulit menantang yang pernah saya buat. Sudah berkali-kali saya praktek membuat kue bolu gulung, namun yang terjadi adalah pecah dan kulitnya terkelupas karena lengket. Sampai-sampai saya sempat sedikit trauma untuk mempraktekkan kue ini, secara kue ini melibatkan penggunaan telur yang tidak sedikit. Untungnya saya masih cukup keras kepala untuk penasaran dengan hal tersebut, hingga akhirnya saya berhasil membuat bolu gulung paling berhasil yang pernah saya buat – tidak pecah dan kulit luarnya tidak terkelupas – senang deh rasanya, dan yang pasti rasanya yummyyy abis, karena pake resepnya mba Ricke Indriyani bunda Nadhifa (resep asli : http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2011/02/bolu-gulung-keju-ala-ordinary-kitchen.html). Jadinya percaya deh kualitasnya gimana…. Bener2 ga kalah sama bolgul M*****i yang terkenal itu :D


Pada praktek kali ini, saya hanya membuat ½ resep dari resep asli di blog Mbak Ricke karena cetakan yang saya punya hanya 26 x 26 x 3 cm. Yuk Cekidot aja… ;)

Bolu Gulung (Mbak Ricke Indriyani)

Bahan :

3 butir kuning telur
3 butir telur utuh
65 gr gula pasir
½ sdm cake emulsifier (saya memakai Quick 75)
½ sdm air
½ atau 1 sdt vanilla pasta / vanili bubuk
50 gr tepung terigu protein sedang (all purpose flour)
10 gr susu bubuk
¼ sdt baking powder (saya menggunakan baking powder Double Acting)
50 gr margarine + 15 gr butter (boleh memakai perbandingan yang anda suka, atau bisa memakai margarine seluruhnya dan sebaliknya)
1 sdt pasta cokelat / mocca untuk motif (optional)

Filling :

Anda bisa memakai butter cream, krim kocok, selai , choco ganace, cheese spread, dsb yang anda suka, bisa anda gabung dengan meises, kacang, potongan buah, keju, atau apapun yang anda suka.

Cara Membuat :

1.     Siapkan loyang, oles dengan lemak (minyak oles / margarine / mentega, dsb). Lapisi dengan kertas roti atau kertas anti lengket (parchment paper) dan oles lagi kertasnya dengan lemak.
 2.     Panaskan oven dengan suhu berkisar 190oC – 200oC. Gunakan suhu tinggi untuk membuat kulit bagian luar lebih cepat matang sehingga tidak mudah lengket namun kue bagian dalam masih cukup lentur.
3.       Lelehkan margarine dan butter. Sisihkan.

Lelehkan margarine / butter hingga pucat seperti gambar, jangan melelehkan hingga ada yang bening, karena akan mengurangi kelembapan kue
 
4.       Kocok telur utuh, kuning telur, emulsifier, air, gula pasir, dan vanilla pasta dengan kecepatan tinggi hingga kental / berat, putih / pucat, dan berjejak. Pastikan adonan benar-benar telah kental agar adonan sempurna. Matikan mixer.





Kocok hingga benar-benar kental, dengan ciri-ciri apabila anda membentuk pita / garis di adonan, jejak pita / garis tidak mudah / tidak cepat hilang
 5.    Masukkan tepung terigu ke dalam adonan, dan campur dengan menggunakan mixer kecepatan rendah atau aduk dengan spatula dengan teknik aduk balik. Jangan aduk / kocok terlalu lama, cukup hingga tercampur rata. Saya sarankan memakai mixer agar memudahkan pencampuran secara merata.



6.       Masukkkan margarine dan butter yang telah dilelehkan. Aduk dengan spatula dengan teknik aduk balik hingga merata.



7.       Ambil 2-3 sdm adonan dan campur dengan 1 sdt pasta cokelat / mocca. Aduk hingga rata.



8.       Masukkan adonan putih ke dalam Loyang, ratakan dengan cara memukul pantat Loyang ke meja.




 9.     Masukkan adonan cokelat ke dalam piping bag, dan potong ujungnya.
10.  Anda bisa menghias sesuai selera. Untuk motif batik / sisik ular tersebut, anda semprotkan piping bag cokelat hingga membentuk garis-garis lurus secara sejajar. Lalu ambil tusuk gigi dan potong tegak lurus garis cokelat dengan lidi hingga membentuk motif.



Tarik garis tegak lurus terhadap garis cokelat dengan menggunakan tusuk gigi sehingga tercipta motif batik

Beginilah jadinya jika grogi menghias hehehe... kue siap dipanggang

11.   Masukkan adonan ke dalam oven dan panggang sekitar 20 – 25 menit hingga permukaan kue kuning kecokelatan (tidak basah / tidak lengket / permukaannya membal). Permukaan yang masih belum kuning kecokelatan akan membuat kulit kue menjadi legket saat digulung sehingga akan terkelupas.  Jangan memanggang terlalu over karena akan membuat kue kering sehingga kurang lentur yang akan berakibat retak / pecah / patah saat digulung. Jadi dalam memanggang harus pas.

fresh from oven :)
12.   Keluarkan kue dari oven dan biarkan sejenak. Lalu siapkan kertas roti atau kain serbet bersih. Pengalaman saya menggunakan kertas roti selalu berakhir lengket, sehingga saya lebih “pede” menggunakan kain serbet bersih. Caranya, kain serbet yang bersih sedikit dibasahi hingga lembab / agak basah lalu diletakkan di atas tatakan yang permukaannya rata. Lalu saat mengeluarkan kue dari Loyang, balik kue dari loyang ke kain serbet. Jangan khawatir, kue serbet yang lembap tidak akan merusak kue. Lalu lepaskan dengan hati-hati kertas roti yang menempel pada kue. Selanjutnya, balik lagi kue ke rak kawat dan biarkan dingin. Hal ini untuk menghindari butter cream / cream kocok, dsb yang digunakan sebagai filling akan meleleh jika kue masih panas. Jika filling menggunakan selai, maka tidak masalah mengoleskan langsung.

Setelah kue dilepaskan dari loyang, dinginkan sebentar di rak kawat
13.   Setelah kue dingin, baik kue dari rak kawat ke serbet lembap yang diletakkan di atas tatakan.
14.   Oleskan tipis filling dan jika anda suka kombinasikan dengan kacang / keju, dsb yang anda suka. Pengolesan filling yang terlalu tebal akan membuat filling melebar keluar. Dalam pengolesan filling juga harus diperhatikan agar jangan mengoleskan terlalu ke tepi karena saat digulung filling dapat tertekan keluar. Intinya adalah sisakan sedikit space di tepi ujung.

Oles dengan filling favorit di atas kue yang diletakkan di atas kain serbet bersih yang lembap cenderung basah
15.    Mulailah menggulung dengan menekan gulungan pertama dan gulung dengan mantap atau agak ditekan agar padat. Proses ini harus dilakukan dengan pede agar kue menjadi cantik ;)



16.   Selanjutnya siap dipotong-potong.

Selamat mencoba. 



2 comments:

  1. bolu gulungnya cantik mbak...
    idah-sengkang

    ReplyDelete
  2. terimakasih mbak,,, salam kenal dan selamat mencoba :)

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.