Wednesday 18 September 2013

Pengalaman Membuat Brownies Ketan Item (Bronketem) ala Mbak Ricke Indriani (Bunda Nadhifa)






Sudah lama sekali saya ingin mencoba resep yang katanya menjadi primadona ini. Sejak saya membuka blog favorit saya http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/, saya sudah jatuh cinta dengan resep bronketem alias brownies ketam item yang resepnya dapat anda lihat di sini http://ricke-ordinarykitchen.blogspot.com/2011/05/bronketem-brownies-kukus-ketan-item.html

Sungguh, reviewnya dan penampilannya bikin saya ngiler abiss, secara saya adalah penggemar berat cokelat.

Akhirnya setelah sekian lama saya sempatkan untuk praktek dan sesuai prediksi saya sebelumnya, resep ini cukup merepotkan. Namun, ketika kue yang cantik dan luezat ini berhasil dengan baik, hilang sudah semua keribetan itu. Akhirnya, resmi kue ini menjadi salah satu “idola” saya.
Secara umum kue tersebut cukup mudah dibuat. 

1.       Siapkan kukusan dan cetakan
Saya mulai dengan memanaskan air dalam panic kukus yang muat dengan cetakan saya (22 x 22 x 7 cm). Selanjutnya, cetakan saya oles dengan margarine dan dilapisi kerta roti yang kemudian diolesi dengan margarin. 

2.       Lelehkan Dark Cooking Cokelat (DCC) dan Siapkan Lemak
Untuk lemaknya, saya ingin kue yang moist, namun juga berorama buttery. Karena itu, untuk kebutuhan lemak, saya bagi dua, separuh saya menggunakan minyak dan separuh lagi saya menggunakan butter Hollman. Saya menggunakan butter Hollman karena dengan jumlah yang sedikit memberikan aroma yang kuat. Minyak dan butter tentu saja saya pisah. Kemudian, saya lelehkan butter dengan api kecil agar tidak berlebihan sehingga warnanya masih keruh / pucat / tidak bening, yang akan mencegah cake menjadi kering. Lalu saya sisihkan.

Selanjutnya saya sudah menyiapkan DCC yang sudah saya cincang sebelumnya. Saya campur antara milky dan dark cokelat sesuai selera saya. Saya lelehkan dengan cara ditim dengan air agar cokelat tidak hangus. Selanjutnya, setelah cokelat meleleh sempurna, saya campurkan dengan butter yang telah dilelehkan dan minyak. Aduk rata dan sisihkan.

Lelehkan Butter

Lelehkan DCC dengan Cara Ditim

Campur Minyak dan Butter Leleh ke Dalam DCC Leleh

Aduk Rata

Campuran DCC dan Lemak Biarkan Mendingin Dalam Suhu Ruang


3.       Pengocokan Adonan
Kocok telur, gula, emulsifier dan garam hingga pucat dan kental berjejak dengan kecepatan tinggi. Artinya saat anda mengocok dengan mixer akan muncul jejak yang tidak mudah hilang di permukaan adonan, atau saat anda ambil adonan dan meneteskannya, adonan akan jatuh dan membentuk pita berlipat lipat yang tebal. Setelah dikocok, masukkan vanilla dan kocok lagi hingga rata. Lalu masukkan susu kental manis (SKM) baik putih / cokelat dan kocok lagi hingga rata.

Telur, Gula, Emulsifier, dan Garam Siap Dikocok dengan Speed Tinggi
Kocok Hingga Putih Berjejak (Jejaknya Tidak Mudah Hilang)

Atau Hingga Dapat Membentuk Tumpukan Pita
 Ubah kecepatan mixer menjadi rendah / low speed. Masukkan tepung ketan hitam yang sebelumnya telah dicampur rata dengan cokelat bubuk dan diayak. Masukkan bertahap sambil dikocok dengan low speed hingga tercampur rata.

Masukkan Campuran Tepung Ketan dan Cokelat Bubuk Secara Bertahap

Kocok Campuran Tepung Ketan dan Cokelat Bubuk dengan Low Speed Hingga Rata
Terakhir, masukkan campurn DCC dan lemak yang telah dilelehkan sebelumnya dan aduk rata. Untuk mempermudah pengadukan gunakan spatula karet, akan lebih mudah dengan ukuran spatula yang besar. Gunakan teknik aduk balik, artinya sisir bagian dasar adonan, geser ke tepi wadah secara bersamaan wadah diputar kurang lebih 90o, lalu angkat adonan hingga ke atas, dan jatuhkan dengan dibalik. Aduk hingga rata.

Masukkan DCC dan Lemak Leleh

Aduk dengan Teknik Aduk Balik Hingga Rata

Aduk dengan Teknik Aduk Balik Hingga Rata

Adonan Siap Dimasukkan ke Dalam Loyang Cetakan
 
4.       Pengukusan
Adonan yang telah siap dibagi dua. Separuh pertama dimasukkan Loyang cetakan dan ratakan, dan masukkan ke dalam panic kukus yang telah mendidih airnya. Gunakan api sedang saja, jangan menggunakan api besar karena akan bergelombang dan kasar. Untuk panic kukus biasa / bulat seperti yang saya gunakan, saya lapisi bagian dalam tutup dengan kain supaya uap air yang terkumpul di dalam tutup panic tidak menetes ke permukaan kue sehingga merusak penampilan kue. Kukus kurang lebih 10 – 15 menit. Lalu taburi dengan meises cokelat secukupnya secara merata dan tutup dengan adonan sisanya hingga menutup rata. Kukus lagi kurang lebih 25 menit atau hingga matang.

Masukkan Separuh Adonan Ke dalam Loyang

Adonan Pertama yang Dikukus Kurang Lebih 10 - 15 Menit Siap Diberi Taburan Meises

Taburi dengan Meises Secukupnya Hingga Rata
Tutup Meises dengan Adonan Sisa Hingga Rata dan Kukus Kembali Kurang Lebih 25 Menit atau Hingga Matang
 
Hasilnya? Sungguh lezaaaaaat, dan kue pun tidak bertahan setengah hari.

Kue Siap Dieksekusi


Nyam


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.